Semua

Tips Bepergian Menggunakan Kapal Laut

han moda transportasi yang bisa digunakan dalam melakukan perjalanan, salah satunya kapal laut. Bepergian menggunakan kapal memungkinkan Anda menikmati pemandangan laut yang luas nan indah.

Apa Saja Alasan Packing Yang Baik Saat Bepergian Dengan Kapal?

Bepergian menggunakan kapal, terdapat aturan yang perlu diketahui penumpang. Salah satunya adalah bobot barang yang akan dibawa. Untuk itu, pastikan Anda melakukan packing yang baik.

Packing dengan baik pada saat bepergian menggunakan kapal memang bukan tanpa alasan. Kenapa Anda perlu packing dengan baik? Ini penjelasannya.

Gunakan Koper Sesuai Kebutuhan

Bepergian ke suatu tempat mengharuskan Anda dalam membawa perbekalan. Koper menjadi salah satu wadah barang bawaan sehingga tidak tercecer dan rapi. Packing yang baik dengan menggunakan koper membuat Anda terhindar kehilangan barang di dalam kapal.

Bawa Barang yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan packing, list terlebih dahulu barang bawaan yang dibutuhkan selama perjalanan hingga pada saat di destinasi tujuan. Hal ini akan membantu Anda menghindari membawa barang yang tidak penting dan memenuhi koper Anda.

Hindari Membawa Barang Berbahaya

Bepergian menggunakan kapal laut tentunya ada aturan yang perlu dipahami oleh penumpang. Termasuk dalam membawa barang bawaan tidak boleh yang bersifat berbahaya seperti benda tajam, benda yang mudah meledak dan lain sebagainya.

Vakum Barang Agar Tidak Memakan Tempat

Packing yang baik untuk bepergian menggunakan kapan dapat dilakukan dengan memvakum barang agar tidak memakan tempat. Selain itu, cara ini mampu membantu Anda dalam memperkecil bobot bawaan. Dengan begitu, tidak akan mengeluarkan biaya tambahan.

Lihat juga : Tips Nyaman Naik Bus Untuk Perjalanan Jauh

Tips Bepergian Menggunakan Kapal Laut

Demikian alasan kenapa Anda perlu melakukan packing yang baik pada saat bepergian menggunakan kapal laut. Agar perjalanan Anda semakin menyenangkan dan juga aman, berikut tips yang perlu dilakukan adalah:

Tentukan Jadwal Keberangkatan dan Kepulangan

Bepergian menggunakan kapal laut tentunya mewajibkan Anda untuk memiliki tiket keberangkatan dan juga kepulangan. Anda perlu mengatur jadwal tersebut agar tidak mengganggu perjalanan dan terhindar dari resiko masalah yang akan mengganggu waktu berlibur.

Sebaiknya, Anda memesan tiket jauh-jauh hari sebelum waktu bepergian. Selain, untuk mencegah kehabisan tiket juga harganya relatif lebih murah. Apalagi, rute kapal laut berbeda dengan moda transportasi lainnya yaitu tidak beroperasi setiap hari.

Persiapkan Kebutuhan Pribadi

Bepergian menggunakan kapal laut memungkinkan Anda berada di perjalanan lebih lama dibandingkan transportasi lainnya. Untuk itu, pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan pribadi untuk bepergian mulai dari pakaian ganti, perlengkapan mandi dan lain sebagainya. Mengingat tidak adanya toko di dalam kapal, maka perlu sekali mempersiapkan kebutuhan pribadi agar tidak bingung pada saat menggunakannya.

Bawa Obat Pribadi dan Bekal Makanan

Obat pribadi dan bekal makanan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi bagi Anda yang tengah dalam masa pengobatan atau hanya sekedar sebagai obat anti mabuk laut jika perjalanan yang cukup lama.

Selain itu, membawa bekal makanan yang tahan lama dan ready to eat. Sebab, tidak ada pemanas makanan sehingga siap santap tanpa repot. Belum lagi, makanan yang dijual di dalam kapal lebih mahal dibandingkan harga umumnya. Tentunya membawa bekal menjadi alternatif yang paling tepat.

Cari Lokasi Duduk yang Nyaman

Waktu tempuh perjalanan yang lebih lama, tentunya Anda perlu memperoleh kenyamanan selama berada di dalam kapal. Agar lebih nyaman, Anda dapat memilih lokasi tempat duduk yang nyaman ditempati. Misalnya, Anda dapat memilih tempat duduk di bagian tengah kapal dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Lihat juga : 5 Makanan Favorit Ketika Bepergian Menggunakan Kapal

Jaga Bawa Barangan dengan Baik

Namanya menggunakan kendaraan umum, memungkinkan Anda akan berada di dalam kapal dengan berbagai orang yang tidak dikenal. Untuk itu, pastikan menjaga bawa barangan dengan baik agar menghindari hal-hal yang buruk tidak diinginkan.

Hal ini perlu dilakukan karena pihak kapal tidak bertanggung jawab mengenai kehilangan barang bawaan penumpang. Oleh karena itu, barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang.

Bawa Pengalih Perhatian

Perjalanan yang lebih lama menggunakan kapal laut tentu akan menimbulkan rasa bosan. Meskipun menyajikan pemandangan laut yang luas dan indah namun tetap saja rasa bosan akan timbul.

Membawa pengalih perhatian agar tidak bosan menjadi pilihan yang memang tidak wajib. Namun, hal ini mampu mengatasi rasa bosan yang paling ampuh.

Memahami Perihal Safety Tips

Awak kabin kapal akan memberikan safety tips untuk keamanan penumpang. Perhatikan informasi yang diberikan agar memahami perihal keselamatan selama menaiki kapal. Anda juga perlu memahami jalur evakuasi.

Bepergian dalam menghabiskan waktu libur tidak melulu berkaitan dengan destinasi tujuan saja. Dengan menggunakan kapal laut, Anda perlu sekali memperhatikan packing yang baik dan tips agar perjalanan nyaman dan aman.

Continue Reading